Sejarah Singkat Perangkat Lunak dan Jenis-jenis Perangkat Lunak

Nama               : M. Zahlan Nugraha
Nim                 : 8020190073
Kelas               : 05PT2
MK                  : Arsitektur dan Organisasi Komputer



Tugas Individu IV
(02.05.2020)
            
 
1.    Jelaskan secara singkat sejarah Perangkat Lunak dari Era Pioneer, Era Stabil, Era Mikro, sampai Era Modern.
2.   Jelaskan apa itu Freeware, Shareware, Firmware, Commercial Software, Free Software, Open Source Software, dan Malware.

Penjelasan :
1.     Jelaskan secara singkat sejarah Perangkat Lunak dari Era Pioneer, Era Stabil, Era Mikro, sampai Era Modern.

Pengertian Perangkat Lunak (Software)
 


Perangkat lunak atau software komputer merupakan istilah khusus untuk data yang di format serta di simpan dalam bentuk secara digital, termasuk didalamnya program-program komputer, Dokumentasi, dan berbagai informasi yang dapat diaca serta ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, software atau perangkat lunak komputer merupakan salah satu bagian sistem komputer, namun software tidak berwujud berbeda dengan perangkatat keras atau Haredware.
                                                        
Pengertian software adalah sekumpulan data-data elektronik yang di simpan serta diatur oleh komputer. Data-data elektronik yang di simpan tersebut dapat berupa program ataupun instruksi yang akan Menjalankan berbagai macam perintah. Dengan melalui software inilah suatu komputer mampu untuk dapat menjalankan suatu perintah atau berbagai macam perintah yang dapat di jalankan.


Perkembangan Perangkat Lunak (Software) terbagi menjadi 4 Periode :
  • Era Pioneer
      Bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
  • Era Stabil
      Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
  • Era Mikro
     Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux,dll), Software Aplikasi (Ms. Office, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
  • Era Modern
      Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.


2.     Jelaskan apa itu Freeware, Shareware, Firmware, Commercial Software, Free Software, Open Source Software, dan Malware.

Jenis – jenis Perangkat Lunak (Software)
  • Freeware


      Freeware merupakan perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa dengan batasan waktu. Freeware umumnya disumbangkan kepada komunitas-komunitas, namun memiliki hak sebagai pengembang dan pengontrol dalam pengembangan aplikasi selanjutnya. Freeware akan memberikan source kode (kode sumbernya) jika pengembang aplikasi berhenti mengembang produk freeware kepada pengembang lain atau mengumumkan freeware tersebut bebas untuk dikembangkan secara bersama-sama.
Contoh Freeware : Skype, GOM Player, Dev C++, Internet Download Manager, dll.
  • Shareware


Shareware merupakan perangkat lunak yang di sediakan bagi para pengguna tanpa membayar namun dibatasi oleh waktu jika waktu masa ujicobanya abis kalau anda para pengguna ingin memperpanjangnya atau anda ingin mendapatkan fitur tambahan tertentu harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikanya agar dapat mengunakan software.
Alasan dibalik program shaware adalah dengan memberikan pembeli kesempatan terlebih dahulu untuk mencoba program aplikasi tersebut SEBELUM Sipembeli itu MEMBELI Lisensi untuk versi yang lebih lengkap. Ini juga dipakai sebagai salah satu strategi pemasaranatau marketing dari developeraplikasi shareware.
Contoh Shareware : Winrar, Microsoft Office, Photoshop, dll.
  • Firmware


Firmware merupakan sftware yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan dalam memory read only atau memory yang hanya di baca. Seperti jenis memori akses acak, firmware tidak akan berubah meski tidak di aliri arus listrik. Dari mulai komputer STARTUP sampai proses instruksi. Modivvikasi memang masi dapat dilakukan, namun hal tersebut tergantung dari jenis ROM (Read Only Memory) yang digunakan. Firmware yang telah di simpan dalam ROM tidak dapat diubah, namun firmware yg disimpan dalam ROM yang dapat di ubah seperti EEPROM atau Flash ROM, masih dapat di ubah sesuai kebutuhan.
Contoh Firmware : UEFI, BIOS (Basic Input Output System), ARCS, dll.
  • Commercial Software

Commercial software atau software berbayar merupakan software yang dibuat untuk tujuan dan kebutuhan komersil. Bagi setiap pengguna yang ingin menggunalan software tersebut, ia harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikannya. Bisa langsung kepada pengembang software yang mebuatnya. Penguna yang menggunakan software berbayar tersebut, biasanya tidak diilegalkan atau tidak diperbolehkan menyebarluaskan ulang software tersebut.
Contoh Commercial Software : Premiere Pro, Corel Draw, Kapersky, dll.
  • Free Software


Free Software merupakan perangkat lunak yang bebas untuk di utak atik baik itu bebas digunakan, disalin, dimodifikasi dan diubah dengan beberapa keharusan yang dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Dalam konsep kebebasan, setiap orang dalam perangkat lunak bebas ini, dapat mengkomersialkan dan mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya, serta dapat menyebarkan luas secara gratis. Istilah free software diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation (organisasi nirlaba dan merupakan sponsor utama dari proyek GNU). Sekarang ini, perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun atau dikembangkan oleh suatu komunitas terbuka. Menurut Richard Stallman mengenai Pengertian Free Software adalah perihal kebebasan, bukan harga. Untuk mengerti konsepnya, Anda harus memikirkan kata ‘bebas’ seperti dalam “kebebasan berpendapat”, bukan bebas’ dalam arti “bir gratis”.
Contoh Free Software : Free BSD, MySql, GNU BSD, dll.
  • Open Source Software


Open Source software atau dapat disebut juga perangkat lunak sumber terbuka merupakan jenis perangkat lunak yang kode sumbernya bersifat terbuka dan dapat untuk di pelajari, diubah, dikembangkan, ditingkatkan, serta dapat juga di sebarluaskan. Karena adanya sifat tersebut, pada umumnya pengembangannya atau developer dilakukan oleh satu komunitas terbuka yang memiliki tujuan untuk mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Open Source Software yang dihasilkan biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut sebuah kaidah dan etika tertentu.
Semua perangkat lunak bebas merupakan perangkat lunak sumber terbuka, tetapi sebalikinya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas, tergantung kaidah yang sedang di pakai aplikasi tersebut.
Contoh Open Source Software : XAMPP, Audacity, Linux, dll.
  • Malware


Malware merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem komputer, jejaring komputer tanpa izin dari pemiliknya. Malware disebut sebagai perangkat perusak yang berasal dari kata Malicious dan Software. Istilah virus komputer digunakan sebagai sebutan dalam jenis perangkat perusak.
Contoh Malware atau perangkat perusak : virus komputer, kuda troya (trojan horse), perangkat iklan (adware), cacing komputer, rootkit, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak jahat lainnya.





Source :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur BUS Jamak, Struktur antar hubungan BUS dan contohnya

Perbedaan Jenis - jenis RAM dan Sejarah RAM dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Apa Itu 8 Aturan Kepuasan Berinteraksi Menurut Ben Shneiderman (Eight Golden Rules)