Perbedaan Jenis - jenis RAM dan Sejarah RAM dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Nama               : M. Zahlan Nugraha
Nim                 : 8020190073
Kelas               : 05PT2
MK                  : Arsitektur dan Organisasi Komputer



Tugas Individu VI
(22.05.2020)

           


1.      Sejarah singkat RAM dari Generasi Pertama sampai Sekarang.
2.      Jelaskan Apa itu DIMM, dan berikan Contoh Gambarnya.
3.      Jelaskan Perbedaan antara : (a) DRAM & SDRAM (b) SODIM & DIMM

Penjelasan :
1.     Sejarah singkat RAM dari Generasi Pertama sampai Sekarang.


Pengertian RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

Random Access Memory pertama kali ditemukan oleh Robert Dennard, setelah itu Intel memproduksi RAM untuk pertama kalinya pada tahun 1968. RAM lebih awal diproduksi bahkan jauh sebelum penemuan PC pada tahun 1981. Setelah komputer diciptakan, perkembangan RAM dimulai. Dibutuhkan tegangan sebesar 5.0 volt pada saat RAM mulai diproduksi sehingga RAM bisa bekerja dengan frekuensi sebesar 4.77 Mhz.

Berikut list lengkap sejarah perkembangan, pengertian dan tipe RAM : 
  • DRAM (Dynamic Random Access Memory)
        Di ciptakan oleh perusahaan IBM pada tahun 1970. Memiliki kecepatan antara 4,77 MHz sampai dengan 40 MHz.
  • FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)
        Diciptakan pada tahun 1987, lebih dikenal dengan nama FPM. FPM sendiri memiliki kecepatan antara 16 MHz sampai dengan 66 MHz.
  • EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
        Munculnya EDO DRAM untuk menyempurnakan jenis memori sebelumnya yaitu FPM DRAM. EDO RAM sendiri digunakan oleh komputer dengan prosesor Intel 486 dan juga intel pentium generasi pertama. Saya sendiri walaupun tidak pernah merasakan kemampuan dari jenis memori RAM komputer ini namun saya pernah memilikinya. Kebetulan prosesor yang digunakan Intel pentium I. Ukurannya sangatlah kecil, mirip dengan RAM Laptop.
  • SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM)
        Pada tahun 1996 dan 1997 muncul SD RAM PC 66. PC 66 berarti RAM ini memiliki kecepatan 66 MHz. Kemudian muncul lagi SD RAM PC 100 yang digunakan untuk komputer pentium II. Pada tahun 1999, SDRAM PC 133 di luncurkan ke pasaran. SDRAM terus ditingkatkan menjadi PC 150.
  • RD RAM (Rambus DRAM)
        Sering juga disebut dengan DRDRAM atau juga Rambus memory merupakan jenis ram yang memiliki kecepatan sangat tinggi pada masa itu. RAM jenis ini bisa mengalirkan data 1GB / s. Cukup jauh apabila dibandingkan dengan SDRAM. Namun menurut sumber yang pernah saya baca, Rambus RAM akhirnya menghilang dari pasaran dikarenakan harganya yang terlampau tinggi.
  • DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM)
 

        Pada tahun 1999, dua perusahaan yang saling bersaing yaitu AMD dan Intel meningkatkan kecepatan clock prosesornya masing-masing. Dan ini berimbas kepada kebutuhan RAM yang bisa mengimbangi kemampuan prosesor tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka di ciptakan DDR SDRAM atau yang lebih dikenal dengan RAM tipe DDR1. Umumnya untuk prosesor pentium III sampai dengan pentium IV.

  • DDR2 SDRAM
        Pengembangan berlanjut ke jenis terbaru. RAM ini muncul pada tahun 2005. DDR2 memiliki kecepatan lebih baik. RAM tipe DDR2 pun saat ini masih banyak beredar walaupun untuk kapasitas 2GB sangat sulit untuk ditemui di pasaran. Walaupun ada harganya lumayan mahal, bahkan setara dengan 4GB DDR3. RAM ini digunakan dari prosesor pentium IV sampai dengan generasi Core Duo. RAM tipe ini membutuhkan daya sebesar 1,8 Volt.
  • DDR3 SDRAM
        Pada pertengahan tahun 2007 muncul kembali jenis RAM terbaru yaitu DDR3 SD RAM. Membutuhkan daya hanya 1,5Volt. Kemampuan yang lebih baik begitu juga lebih irit daya membuat RAM DDR2 tertinggal jauh. Namun harganya pada waktu itu cukuplah tinggi membuat RAM ini belum dilirik orang lain. Barulah pada tahun 2010 RAM ini mulai diburu pengguna komputer. Untuk saat ini harga RAM DDR3 jauh lebih murah daripada DDR2. RAM ini mulai digunakan pada prosesor Core Duo sampai dengan Core i7.
  • DDR4 SDRAM
        RAM yang dirilis pada tahun 2014 namun ternyata baru bisa digunakan pada tahun 2015 merupakan RAM tipe paling baru saat ini. Untuk harga sendiri masih belum bisa dijangkau untuk kalangan biasa. Apalagi RAM ini masih diperuntukkan untuk prosesor kelas atas miliknya Intel.



     2.     Jelaskan Apa itu DIMM, dan berikan Contoh Gambarnya.
 

Dual Inline Memory Module atau DIMM adalah serangkaian chip Random Access Memory (RAM) yang dipasang pada papan sirkuit kecil. Seluruh rangkaian secara kolektif membentuk modul memori. DIMM biasanya digunakan di komputer pribadi, server, dan stasiun kerja kelas atas. DIMM melakukan kontak fisik dengan bus data komputer melalui gigi seperti konektor yang masuk ke soket pada motherboard.

Sebuah DIMM, atau modul memori dual in-line, terdiri dari serangkaian sirkuit yang dinamis random access memory terintegrasi. Modul ini terpasang pada papan sirkuit cetakan dan dirancang untuk digunakan dalam pribadi, workstation komputer dan server. DIMM mulai menggantikan SIMM (single in-line modul memori) sebagai jenis utama dari modul memori sebagai prosesor Intel Pentium P5-berbasis mulai meraih pangsa pasar.

DIMM yang telah menjadi titik awal dari berbagai jenis modul memori seperti SO-DIMM's (Small Outline Dual-Inline Memory Module) dan MicroDIMM dan FB-DIMM's {Fully Buffered Dual-Inline Memory Module). Ada berbagai jenis DIMM yang digunakan, tetapi kebanyakan mereka digunakan sebagai modul RAM, seperti - DDR SDRAM's (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory), FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory) dan EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory).


     3.     Jelaskan Perbedaan antara : (a) DRAM & SDRAM (b) SODIM & DIMM


(a) DRAM & SDRAM

 

DRAM adalah singkatan dari Dynamic Random Access Memory (jenis memori semikonduktor). DRAM merupakan jenis RAM yang menyimpan setiap bit data pada kapasitor terpisah dengan kelebihan memerlukan lebih sedikit ruang fisik untuk menyimpan jumlah data yang sama daripada jika disimpan secara statis.


DRAM terbuat dari bit data atau kode program yang disusun dalam two-dimensional grid. DRAM menyimpan bit data dalam storage, atau memory cell, yang terdiri dari kapasitor dan transistor . Sel-sel penyimpanan biasanya diatur dalam rectangular configuration. Ketika muatan dikirim melalui kolom, transistor di kolom akan diaktifkan. Sel penyimpanan DRAM bersifat dinamis dan perlu di refresh atau diberi muatan elektronik baru setiap beberapa milidetik untuk mengkompensasi kebocoran muatan dari kapasitor.


SDRAM merupakan kependekan dari synchronous DRAM. SDRAM merupakan nama generik untuk berbagai jenis DRAM yang disinkronkan dengan kecepatan clock yang dioptimalkan untuk mikroprosesor. SDRAM meningkatkan jumlah instruksi yang dapat dikerjakan oleh prosesor dalam waktu tertentu.


(b) SODIM & DIMM

DIMM yang merupakan singkatan dari dual in-line modul memori, merupakan jenis memori RAM Desktop komputer yang dibangun dengan menggunakan sirkuit yang terpadu. SODIMM berasal dari singkatan “Small outline Dual Inline Memory Module” yang memiliki fungsi dan kinerja yang sama dengan RAM PC biasa, dimana pada RAM jenis SODIMM memiliki 4 bentuk slots yakni RAM DDR1, DDR2 dan DDR3, DDR4 hanya saja RAM jenis ini hanya digunakan untuk model laptop/notebook, high-end printer dan perangkat keras jaringan seperti router.

Seperti namanya SODIMM (Small Out Dual Line Modul Memory) tentu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan RAM DIMM. RAM SODIMM biasa digunakan pada hardware yang memiliki ruang yang kecil seperti pada laptop, high-end printer, small footprint maupun router. Sedangkan DIMM biasanya digunakan pada Komputer atau PC.
   


Source :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur BUS Jamak, Struktur antar hubungan BUS dan contohnya

Apa Itu 8 Aturan Kepuasan Berinteraksi Menurut Ben Shneiderman (Eight Golden Rules)